fbpx

Waspada, 5 Hal Ini Dapat Menyebabkan Kista Ovarium!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kista ovarium merupakan sebuah jaringan yang berbentuk seperti kantung dan diselimuti oleh selaput atau membran yang berisi cairan yang terletak pada indung telur atau ovarium wanita. Kista ovarium biasanya timbul saat masa subur atau selama wanita mengalami menstruasi. Kista yang terdapat di ovarium umumnya tidak berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya tanpa penanganan medis seiring dengan bertambahnya usia. Namun, dalam beberapa kasus tertentu, kista dapat menimbulkan rasa sakit, pendarahan, serta gejala-gejala lainnya. Jika kista memiliki diameter lebih dari 5 cm, maka prosedur operasi pengangkatan kista perlu dilakukan. Menurut Womenโ€™s Health beberapa jenis kista ovarium dapat bertumbuh menjadi sel kanker. Namun tidak semua jenis kista dapat berkembang menjadi tumor kanker. Risiko seseorang untuk memiliki kanker ovarium akan meningkat seiring bertambahnya usia.

5 Hal yang Dapat Menyebabkan Kista Ovarium

Masalah hormonal, gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang buruk, dan gangguan kesehatan lainnya dapat menjadi pemicu dari kista ovarium ini lho, TemanWanita! Berikut ini adalah 5 hal yang dapat menyebabkan kista ovarium.

1. Stress

Source: Picture Source: https://www.freepik.com/free-photo/stressed-female-entrepreneur-creativity-crisis_3938719.htm

Tidak hanya menyebabkan terlambat menstruasi, stress berlebihan juga dapat menghasilkan hormon yang dapat memicu penyakit kista ovarium ini. Kamu dapat mengurangi stress-mu dengan mendengarkan lagu, berolahraga, dan juga dengan menghirup aromaterapi agar membuatmu menjadi lebih tenang dan rileks.

2. Merokok

Merokok
Source: https://www.freepik.com/free-photo/broken-cigarette-isolated-white-background_3794466.htm

Selain dapat mengganggu kesehatan paru-paru, zat adiktif yang terdapat pada rokok juga dapat mengganggu rahim dan bisa menjadi pemicu kista pada ovarium. Dengan berhenti merokok dan menjauhi lingkungan yang penuh asap rokok dapat membantu-mu mengurangi risiko terkena kista ovarium.

3. Endometriosis

Endometriosis
Source: https://www.freepik.com/free-photo/sick-woman-bed-keeping-hands-stomach-suffering-from-pain_4167097.htm

Selain dapat menyebabkan sulit hamil dan menstruasi tidak lancar, endometriosis juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya kista ovarium lho, TemanWanita. Jika kamu mengalami hal ini jangan ragu untuk berkonsultasi pada ahlinya ya!

4. Siklus Menstruasi Tidak Lancar

Menstruasi Tidak Lancar
Source: https://www.freepik.com/free-photo/calendar-with-flowers-sanitary-towels_3632758.htm#page=1&query=menstruation&position=11

Siklus menstruasi yang tidak teratur dan tidak lancar dapat berdampak buruk pada tubuh. Akibat dari penumpukkan darah menstruasi di dalam tubuh yang harusnya dikeluarkan, hal ini dapat menjadi salah satu penyebab dari kista ovarium lho, TemanWanita.

5. Kolesterol Tinggi

Kolesterol-tinggi
Source: Gambar oleh Ewa Urban dari Pixabay

Selain dapat menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung koroner dan hipertensi, kadar kolesterol yang tinggi juga dapat mengganggu organ reproduksi lh. Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menjadi salah satu penyebab kista ovarium. Untuk mengurangi risiko ini sebaiknya kurangi konsumsi lemak jenuh ya, TemanWanita!

Jika kamu mengalami beberapa hal diatas tidak perlu khawatir. Kamu dapat mencegah kista ovarium dengan merubah pola hidupmu menjadi lebih sehat. Seperti berhenti merokok dan menjauhi lingkungan yang penuh dengan asap rokok, perbanyak konsumsi makanan yang bergizi dan rendah lemak jenuh. Jika stress yang menjadi masalahmu carilah kegiatan yang dapat meredakan stress-mu seperti melakukan yoga, mendengarkan lagu, atau menghirup aromaterapi untuk rileksasi diri. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada ahlinya jika diperlukan ya, TemanWanita!

Baca juga: https://wanitapunyacerita.com/gejala-dan-bahaya-mioma-uteri-yang-harus-kamu-ketahui/


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar