fbpx

Sering Telat Menstruasi? Mungkin Ini Penyebabnya TemanWanita!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Menstruasi merupakan proses peluruhan dinding rahim yang tidak terisi oleh janin yang dialami oleh wanita setiap bulannya. Siklus menstruasi yang normal terjadi selama per 21-35 hari dengan lama pendarahan 2-7 hari. Siklus menstruasi dianggap tidak teratur atau telat menstruasi apabila siklus terjadi lebih dari 38 hari dengan waktu pendarahan yang lebih banyak atau lebih sedikit dari 2-7 hari. Banyak hal yang dapat menyebabkan terlambatnya siklus menstruasi. Hal ini wajar terjadi di awal masa pubermu, TemanWanita! Jika kamu sudah melewati masa puber namun siklus menstruasimu tidak teratur dan cenderung selalu telat menstruasi mungkin beberapa hal dibawah ini dapat menjadi penyebabnya:

1. Stress

Stress menyebabkan telat menstruasi
Picture Source: https://www.freepik.com/free-photo/stressed-female-entrepreneur-creativity-crisis_3938719.htm

Menurut sebuah penelitian, stress dapat mempengaruhi siklus menstruasimu lho, TemanWanita! Hormon hipotalamus di bagian otak yang mengatur siklus menstruasimu akan terganggu saat kamu stress. Inilah penyebab siklus menstruasi-mu menjadi tidak teratur dan telat. Lakukan beberapa kegiatan relaksasi untuk mengurangi stress-mu seperti melakukan yoga, mendengarkan lagu, menghirup aromaterapi, dan lain sebagainya. Saat stress-mu berkurang maka siklus menstruasimu akan kembali normal.

2. Penurunan Berat Badan Ekstrem dan Eating Disorder

Penurunan berat badan ekstrim menyebabkan telat menstruasi
Picture Source: https://www.freepik.com/premium-photo/young-woman-standing-scale_5533087.htm

Penurunan berat badan yang drastis dapat menyebabkan siklus menstruasi-mu terlambat. Sedikitnya konsumsi kalori dalam tubuh dapat mengganggu produksi hormon yang dibutuhkan untuk ovulasi. Jika berat badanmu kurang dari body mass index (BMI) 18,5 berat badan ideal, tidak hanya menyebabkan telat menstruasi, hal ini juga dapat menghentikan siklus menstruasimu lho, TemanWanita! Selain itu hal ini juga dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan juga kerontokkan pada rambut.

3. Merokok

Merokok dapat menyebabkan telat menstruasi
Image Source: https://www.freepik.com/free-photo/broken-cigarette-isolated-white-background_3794466.htm

Selain mengganggu kesehatan, merokok juga dapat menyebabkan gangguan pada siklus menstruasimu, salah satunya adalah dapat membuat siklus menstruasimu telat. Hal ini disebabkan oleh zat-zat yang terkandung pada rokok salah satunya adalah nikotin yang dapat mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan penting dalam siklus menstruasi.

4. Obesitas

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan telat menstruasi
Image Source: https://www.freepik.com/free-photo/woman-standing-scale_2770407.htm

Selain penurunan berat badan yang drastis, kenaikan berat badan yang drastit juga dapat menghambat siklus menstruasimu lho, Teman Wanita! Menurut penelitian, kenaikan berat badan yang drastis dapat menyebabkan perubahan pada hormon dan tingkat insulin yang dapat mengganggu siklus menstruasimu lho, TemanWanita! Lakukan olahraga rutin dan jaga pola makan agar siklus menstruasimu kembali normal. Kenaikan berat badan yang pesat dan menyebabkan siklus menstruasimu terganggu dan juga bisa menjadi pertanda bahwa kamu mengidap PCOS dan hypothyroidsm. Bila mengalami hal ini segera periksakan ke ahlinya ya, TemanWanita!

5. Hypothyroidism

Kelenjar tiroid bermasalah damat menjadi penyebab telat menstruasi
Image Source: https://www.freepik.com/free-photo/frustrated-girl-feeling-neck-ache_4332280.htm

Setiap manusia memiliki kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid ini berfungsi untuk mengatur metabolism tubuh. Jika tiroid tidak bekerja dengan baik hal ini juga dapat menjadi salah satu pemicu yang menyebabkan siklus menstruasimu terlambat. Gejala yang dirasakan bila kelenjar tiroid-mu bermasalah adalah berupa tubuh menjadi cepat lelah, perubahan berat badan yang cepat, kerontokkan pada rambut, sensitive terhadap suhu panas atau dingin. TemanWanita tidak perlu khawatir bila mengalami gejala-gejala ini, segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Siklus menstruasi-mu akan kembali normal setelah menjalani beberapa metode pengobatan dari ahlinya.

6. Polycistic Ovary Syndrome (PCOS)

Kelainan hormon PCOS menyebabkan telat menstruasi
Image source: https://www.freepik.com/free-photo/sick-woman-bed-keeping-hands-stomach-suffering-from-pain_4167097.htm

PCOS merupakan suatu kondisi kelainan pada hormon dan sistem metabolisme tubuh yang mengganggu fungsi indung telur. Kondisi ini merupakan salah satu penyebab telat menstruasi dan dapat mengalami pendarahan berlebih saat siklus menstruasimu tiba. PCOS juga dapat mempengaruhi kesuburan, tumbuh rambut berlebih di area wajah dan badan, kebotakan, dan juga kenaikan berat badan atau obesitas. Segera konsultasikan dengan ahlinya jika mengsalami gejala ini ya, TemanWanita!

Jika siklus menstruasimu terlambat dan mengalami beberapa hal di atas, jangan panik, TemanWanita! Jika hal yang menghambat siklus menstruasi-mu adalah stress carilah hal-hal yang dapat meredakan stress-mu seperti melakukan yoga, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Segera periksakan kepada ahlinya agar mengetahui lebih pasti penyebab terlambatnya siklus menstruasimu.

Baca juga: https://wanitapunyacerita.com/ketahui-mitos-vs-fakta-menstruasi/


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

3 thoughts on “Sering Telat Menstruasi? Mungkin Ini Penyebabnya TemanWanita!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar