fbpx

Kenali Sejak Dini Cara Mencegah Kanker Serviks

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tahukah kamu seberapa bahayanya kanker serviks? Banyak yang belum menyadari jika seseorang mengidap kanker serviks akan sulit dalam proses penyembuhannya. Penyakit ini muncul dengan banyak sebab. Mulai dari keturunan, infeksi HPV, sampai kebiasaan hidup yang tidak sehat. Apalagi jika seseorang bergonta-ganti pasangan, akan berbahaya pastinya.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini sangat beragam. Yang sering terjadi timbulnya rasa nyeri dibeberapa bagian tubuh. Tentu hal ini bisa membuat pengidap merasa kesulitan dalam aktivitas sehari-hari. Berikut ini cara mencegah kanker serviks sedari dini yang bisa kamu terapkan.

1. Belajar hidup sehat

Belajar hidup sehat
Gambar www.rd.com

Hidup sehat adalah cara mencegah kanker serviks paling baik dan aman. Karena selain mencegah, tubuh juga akan memiliki dampaknya tersendiri saat hidup sehat. Sering olahraga secara rutin dan jangan lupa dibarengi makan makanan bergizi. Rokok juga jadi momok besar dalam munculnya kanker serviks.

Sebisa mungkin jauhi asap rokok yang ada disekelilingmu. Apalagi sampai menjadi perokok aktif, hal itu bisa menjadikan risiko kanker serviks semakin besar. Jikapun kamu sudah sering merokok, segeralah berhenti. Karena kandungan dalam rokok bisa menyebabkan infeksi HPV bertahan lama pada tubuh dan membuat kanker serviks muncul.

2. Cara mencegah kanker serviks dengan Vaksinasi  HPV

Vaksin hpv
Gambar iradiofm.com

HPV atau Human papillomavirus adalah virus yang bisa mengidap pada wanita maupun pria. Namun virus ini bisa menyebabkan munculnya  kanker serviks pada wanita. Itu sebabnya vaksinasi HPV menjadi salah satu cara mencegah kanker serviks. Vaksin ini lebih bekerja efektif jika diberikan pada wanita sebelum aktif seksual maupun dalam rentan umur 9 sampai 26 tahun.

Untuk wanita yang ingin melakukan vaksin HPV namun sudah pernah melakukan hubungan intim, ada baiknya melakukan pengecekan pap smear sebelumnya. Agar bisa diketahui apakah dalam tubuh maupun sel-sel normal atau tidak. Jika hasil pengecekan normal, bisa setelahnya mendapatkan vaksin HPV

3. Pengecekan maupun tes secara berkala

Pengecekan maupun tes secara berkala
Gambar health.usnews.com

Cara mencegah kanker serviks yang satu ini dilakukan secara berkala. Pemeriksaannya juga beragam, mulai dari pemeriksaan kolposkopi, IVA test, maupun pap smear. Untuk kolposkopi pada organ wanita bisa mendeteksi banyak hal, yaitu peradangan, kutil kelamin, sampai kanker serviks.

Pada IVA test dilakukan dengan pengolesan asam asetat dimulut rahim selama 30-60 detik. Setelahnya jika timbul warna putih, maka ada suatu hal yang tidak normal pada serviks. Sedangkan pap smear dilakukan dengan screening pada vagina hingga mulut rahim. Jika ditemukan bibit kanker (lesi prankanker), maka sudah bisa dipastikan positif kanker serviks. Hal ini bisa langsung ditangani, sehingga kanker serviks bisa dicegah sedini mungkin.

4. Berhubungan seksual dengan aman

Berhubungan seksual dengan aman
Gambar www.lovepanky.com

Agar tidak terjangkit kanker serviks, sebaiknya saat kamu melakukan hubungan intim memakai kondom. Karena virus HPV yang merupakan pemicu kanker serviks bisa menyebar saat melakukan hubungan seksual. Penggunaan kondom sendiri bisa menjadi cara mencegah kanker serviks yang bahkan menurunkan resiko wanita terjangkit penyakit ini. Tidak bergonta-ganti pasangan juga sangat penting. Karena jika kamu melakukan hal itu, persentase munculnya kanker serviks akan lebih tinggi muncul.

Jika kamu sudah aktif dalam berhubungan intim, ada baiknya untuk melakukan beberapa cara mencegah kanker serviks diatas. Karena penyakit seperti kanker muncul dengan gejala yang kadang pengidapnya tidak menyadari. Daripada mengobati, lebih baik segera melakukan pencegahan sedari awal agar tidak menyesal didepannya. Kenali juga penyebab kanker serviks disini. Jangan lupa juga selalu terapkan hidup sehat dalam keseharian beraktifitas.


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One thought on “Kenali Sejak Dini Cara Mencegah Kanker Serviks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar