fbpx

Inilah Cara Mencegah Keputihan Secara Alami

  •  
  •  
  •  
  • 2
  •  
  •  
  •  

Sebelum kami membagikan cara mencegah keputihan secara alami, apa teman wanita sudah mengetahui apa itu keputihan. Keputihan atau leukorea adalah keluarnya cairan maupun lendir dari vagina yang sering terjadi pada wanita. Kondisi ini sebenarnya wajar, karena vagina sedang mejaga kelembapan dan kebersihan diareanya. Hanya saja jika leukorea menjadi tidak normal patut kamu waspadai. Seperti warnanya berubah menjadi kecoklatan, hijau, bahkan sampai ada darah. Bau tak sedap, sampai munculnya rasa gatal di area vagina.

Jika kondisi tersebut berlangsung terus dan tak ada penanganan, pasti membuat seseorang yang mengalaminya merasa tak nyaman. Daripada mengobati, alangkah lebih baiknya kita mencegah hal ini datang agar kitapun selalu merasa fresh setiap harinya.

Kalau diantara kamu nih teman wanita ada yang mengalami kondisi ini terus menerus dan merasa khawatir, berikut ini akan kami bagikan tips cara mencegah keputihan secara alami.

1. Sering mengganti celana dalam

Sering mengganti celana dalam
Photo by Fahad Waseem on Unsplash

Apa teman wanita betah memakai celana dalam yang sama? Sebaiknya buang kebiasaan itu jauh-jauh ya. Sebab saat kamu jarang mengganti celana dalam, bakteri akan sangat subur diarea vaginamu. Apalagi jika kamu orang yang sering beraktifitas diluar ruangan dan menghasilkan keringat berlebih, wajib ganti ya!

Mengganti celana dalam cukup 2 kali sehari, namun jika perlu gantilah saat kamu mengalami keringat berlebih. Celana berbahan katun sangat cocok dipilih karena fungsinya yang bisa menyerap keringat. Dan usahakan vagina selalu bersih dan kering, agar menghindari bakteri berkembang biak.

2. Biarkan vagina memiliki ruang

Biarkan vagina memiliki ruang
Photo by Timothy Meinberg on Unsplash

Aktifitas kita sehari-hari memiliki pengaruh pada tubuh, apalagi bagi teman wanita yang mempunyai jadwal padat dan menimbulkan keringat berlebih. Saat kamu sedang beristirahat dirumah, usahakan memakai pakaian dan bawahan yang longgar, sehingga area miss v bisa memiliki sirkulasi udara yang fresh. Tentu hal ini membuat keputihan takkan mudah datang.

3. Minuman tradisional

Minuman tradisional
Gambar via suaramuslim

Penanganan keputihan memang banyak, dan cara alami yang paling baik. Mengkonsumsi ramuan tradisional juga dapat mencegah dan mengobati kondisi ini. Ragamnyapun juga banyak, misalnya saja daun sirih. Caranya cukup rebus beberapa lembar daun sirih sampai air menyusut, lalu kamu bisa meminumnya.

Ramuan lainnya berasal dari kunyit. Pertama-tama parut 2 buah kunyit yang sudah dikuliti, lalu peras sarinya. Agar lebih berselera, bisa kamu tambahkan madu 1 sendok, dan kunyitpun siap dikonsumsi. Jika perlu, kamu juga bisa mengkonsumsi air perasan kunyit ini secara rutin setiap hari saat keputihan datang.

4. Konsumsi bawang putih

Bawang putih
Gambar via Pixabay

Bawang putih dapat membunuh kuman karena mengandung antiseptik dan senyawa antioksidan. Tentu saja hal ini dapat mengurangi keputihan yang diakibatkan bakteri dan kuman yang ada pada vagina. Setidaknya teman wanita bisa memakan 1 siung bawang putih sehari. Namun sepertinya bawang putih sudah menjadi sajian kita sehari-hari, karena dalam setiap bumbu masakanpun ada bawang putih didalamnya. Sehingga mengkonsumsi bawang putihpun bukan masalah bagi kita.

5. Hidup sehat dan menjaga miss v

Hidup sehat dan menjaga miss v
Photo by bruce mars on Unsplash

Hidup sehat dan menghindari stress pastinya menyenangkan bagi kita. Meskipun tidak berpengaruh secara langsung, stress bisa membuat keputihan menjadi lebih banyak dan lama. Oleh sebab itu hindari stres dan perbanyak bahagia agar tubuhpun merasakan dampaknya.

Selalu menjaga kesehatan miss v juga penting. Misalnya saja setelah BAB maupun buang air kecil, sebisa mungkin kamu membersihkannya secara maksimal. Setelahnya keringkan dulu bagian miss v, jangan langsung memakai celana. Agar nantinya miss v tidak merasakan lembab yang terlalu lama.

Itulah 5 tips yang bisa mencegah keputihan secara alami. Meskipun terlihat sepele, leukorea jika dibiarkan bisa cukup berbahaya. Jika diperlukan, kamu bisa cek ke dokter secara rutin mengenai kesehatan miss v. Tentunya kamu bisa lebih tau dan mendapat pengarahan lebih baik dari dokter untuk mencegah maupun mengobati leukorea yang bisa sewaktu-waktu datang dan sulit dihilangkan. Kamu juga bisa mencegah keputihan dengan mengetahui penyebab keputihan yang bisa kamu lihat disini.


  •  
  •  
  •  
  • 2
  •  
  •  
  •  

One thought on “Inilah Cara Mencegah Keputihan Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar