fbpx

Jangan Panik, Ini Cara Menyembuhkan Keputihan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cara Menyembuhkan Keputihan

Banyak sekali cara untuk menyembuhkan keputihan. Dengan mengkonsumsi obat-obatan bisa dijadikan salah satu cara mengobati keputihan. Selain itu cara mengobati keputihan juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami. Sebelum mengetahui cara mengobati keputihan, kenali dulu apa itu keputihan.

Keputihan merupakan cara alami tubuh sebagai bentuk pertahanan untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan. Pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan, cairan inilah yang akan keluar dan membawa sel mati dan bakteri untuk melindungi vagina dari infeksi. Selama cairan berwarna bening atau putih susu dan tidak berbau, maka keputihan merupakan hal yang normal dialami setiap wanita. Keputihan yang tidak normal ditandai dengan perubahan warna, inkonsistensi, bau, gatal, ataupun nyeri. Keputihan yang tidak normal harus cepat diobati sebelum semakin parah.

Dengan Bahan Alami

1. Kunyit

source: https://www.freepik.com/free-photo/turmeric-powder_1326906.htm

Meminum perasan sari kunyit merupakan salah satu cara menyembuhkan keputihan secara alami. Kunyit mengandung zat anti bakteri yang dapat membantu menyembuhkan keputihan. Bersihkan dan kuliti 2 buah kunyit, tambahakan air, dan peras sarinya. Sari kunyit yang sudah ditambahakan 1 sendok makan madu dapat diminum 2 kali sehari. Meminum sari kunyit 2 kali sehari merupakan cara menyembuhkan keputihan yang cukup ampuh.

2. Bawang Putih

cara menyembuhkan keputihan
Source https://www.freepik.com/free-photo/garlic-isolated_3568669.htm#page=1&query=garlic&position=12

Bawang putih sudah dipercaya secara turun temurun sebagai obat untuk membunuh bakteri dan jamur. Rutin mengkonsumsi bawang putih adalah salah satu cara menyembuhkan keputihan karena dapat menghambat masuknya bakteri ke dalam area organ kewanitaan

3. Daun Sirih

source : https://www.pexels.com/id-id/foto/678831/

Banyak sekali produk pembersih organ kewanitaan yang menggunakan ekstrak daun sirih. Zat yang terkandung dalam daun sirih juga bisa digunakan untuk membunuh bakteri dan jamur sehingga bisa dijadikan salah satu cara menyembuhkan keputihan

4. Yogurt

source : https://www.freepik.com/free-photo/yogurt-glass-jar-napkin-white-backdrop_2741045.htm#page=1&query=yogurt&position=23

Sebuah penelitian terbitan Journal of Antimicrobial Chemotherapy (https://academic.oup.com/jac/article/58/2/266/721575 ) melaporkan kandungan bakteri baik (probiotik) dalam yogurt bisa membantu mengembalikan keseimbangan bakteri dan jamur di dalam vagina.

Jika cara di atas tidak dapat membantu mengurangi keputihan, kita bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih intensif.

Cara Mengobati Keputihan dengan Pengobatan Dokter

1. Obat Anti Biotik

Minum obat antibiotik adalah cara menghilangkan keputihan abnormal yang disebabkan infeksi bakteri. Dokter umumnya akan meresepkan satu dosis antibiotik yang harus diminum rutin. Jenis antibiotiknya akan tergantung pada bakteri penyebabnya. Misalnya jika keputihan abnormal Anda disebabkan oleh bacterial vaginosis atau trikomoniasis, resep antibiotiknya adalah metronidazole (Flagyl). Selain obat minum, dokter mungkin dapat meresepkan antibiotik dalam bentuk krim, gel atau salep yang dioles langsung pada kulit vagina. Obat oles biasanya diberikan apabila Anda sedang sulit minum obat. Antibiotik oles juga biasanya diberikan pada wanita yang juga mengalami peradangan vagina (gatal, nyeri, dan rasa panas terbakar)

2. Obat Anti Jamur

Apabila mengalami infeksi vagina, kita masih dapat menggunakan krim antijamur bebas tanpa resep dokter. Namun jika gejala tidak membaik, konsultasi ke dokter untuk mencari penyebabnya dan menyesuaikan jenis pengobatannya.  Obat antijamur akan diresepkan dokter jika penyebabnya adalah infeksi ragi, seperti Candidiasis. Obat antijamur yang biasa dipakai untuk menghilangkan keputihan yaitu fluconazole, terconazole, dan miconazole. Obat antijamur tersedia dalam versi krim atau tablet. Namun, jenis, dosis dan jangka waktu pemakaian akan disesuaikan lagi dengan kondisi, penyebab, serta keparahan penyakit. Miconazole misalnya membantu membunuh jamur serta mengurangi rasa terbakar, gatal, dan jumlah keputihannya. Intinya, pastikan menggunakan obat sesuai dengan resep yang diberikan dokter. Jangan mengurangi, menghentikan, memperpanjang, atau menambah dosisnya sendiri hanya karena ingin cepat sembuh. Pasalnya, dosis yang diberikan dokter sudah disesuaikan dengan kondisi kita.

Jika cara-cara di atas tidak bisa mengobati keputihan yang kita alami, segera hubungi dokter untuk tindakan lebih lanjut. Baca juga penyebab keputihan https://wanitapunyacerita.com/kenali-penyebab-keputihan-berlebih-nomor-7-bikin-ngeri/


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar