fbpx

6 Penyebab Kanker Serviks, Wanita Wajib Tahu

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kanker serviks bukanlah suatu penyakit yang bisa dianggap remeh. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, kanker serviks menempati urutan nomor dua untuk penyakit kanker yang palins sering ditemui setelah kanker payudara. Terdapat sekitar 40.000 kasus baru kanker serviks yang ditemui pada perempuan di Indonesia setiap tahunnya. Semakin bertambahnya usia, resiko untuk terkena penyakit kanker serviks semakin besar. Namun, kanker serviks sendiri dapat terjadi pada pasien dengan segala umur. Maka dari itu perempuan di Indonesia perlu mengetahui penyebab kanker serviks sejak dini.

1. Virus HPV

virus hpv
Gambar unsplash.com

Sebagian besar kasus wanita yang terkena penyakit kanker serviks pasti disebabkan oleh human papillomavirus atau disingkat HPV. Virus ini sering ditularkan melalui hubungan seksual. Terdapat sekitar 100 jenis virus HPV. Namun, hanya jenis tertentu saja yang dapat menimbulkan penyakit kanker serviks. Seperti HPV-16 dan HPV-18 yang paling umum penyebab kanker serviks. Dua jenis virus HPV tersebut bertanggung jawab dalam 70% kasus kanker serviks.

Bahayanya jenis infeksi HPV ini tidak menimbulkan gejala apapun sehingga banyak wanita di luar sana tidak menyadari mereka sudah terjangkit infeksi ini. HPV dapat ditemukan dengan mudah melalui suatu tes yang dinamakan tes pap smear. Tes pap smear memiliki kemampuan untuk mendeteksi perbedaan pada sel serviks sebelum berubah menjadi kanker.

2. Sering Berganti Pasangan

Sering Berganti Pasangan Senggama
Gambar unsplash.com

Jika Anda memiliki hobi bergonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual maka Anda perlu waspada. Karena kebiasaan tersebut merupakan salah satu penyebab kanker serviks. Banyaknya jumlah orang yang pernah melakukan hubungan seksual tanpa kondom baik dengan Anda maupun pasangan Anda berarti akan meningkatkan peluang Anda untuk terjangkit kanker serviks. Hal ini juga berlaku jika Anda sering berbagi mainan seks yang sama.

3. Faktor Keturunan Salah Satu Penyebab Kanker Serviks

faktor keturunan
Gambar unsplash.com

Apabila pada keluarga Anda, misalnya ibu, nenek, tante, atau sepupu perempuan pernah terjangkit kanker serviks maka Anda memiliki peluang dua kali lebih besar dibandingkan wanita yang tidak memiliki faktor keturunan kanker. Kecenderungan yang terjadi di dalam keluarga ini disebabkan oleh kondisi keturunan.

4. Penggunaan Pil KB Jangka Panjang

Gambar unsplash.com

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa mengkonsumsi pil KB dalam jangka waktu yang lama, khususnya lebih dari lima tahun, dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker serviks. Semakin lama Anda mengkonusmsi pil KB maka semakin tinggi juga Anda terjangkit penyakit ini.

Setelah Anda berhenti mengkonsumi pil KB, resiko terkena kanker serviks juga akan ikut turun. Bahkan tingkat resiko terkena kanker serviks dapat turun hingga ke titik normal sekitar 10 tahun setelah berhenti dari pil KB. Solusinya, bisa konsultasi ke dokter sebelum menggunakan pil KB.  Penelitian terbaru menunjukkan wanita yang menggunakan intrauterine device (IUD) memiliki resiko lebih rendah terhadap kanker dibandingkan dengan pil KB. IUD sendiri merupakan sebuah perangkat yang dimasukkan ke dalam rahim untuk mencegah kehamilan.   

5. Infeksi Menular Lain

infeksi menular lain
Gambar unsplash.com

Mengalami penyakit menular seksual lain akan memudahkan virus HPV untuk memicu perkembangan sel-sel abnormal penyebab kanker serviks. Salah satu contoh penyakit menular seksual yang sering ditemui adalah klamidia. Klamidia sendiri adalah bakteri yang dapat menimbulkan infeksi di sistem reproduksi.

Bakteri satu ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang pernah maupun sedang mengalami infeksi klamidia, dapat berpeluang lebih besar untuk terkena kanker serviks. Selain klamidia, ada beberapa penyakit seksual menular lainnya yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker serviks, seperti sifilis dan gonore.

6. Merokok

rokok
Gambar unsplash.com

Rokok mengandung banyak zat kimia yang tidak baik untuk tubuh. Rokok sendiri dapat menyebabkan kanker paru-paru maupun kanker lainnya tidak terkecuali kanker serviks. Wanita yang seorang perokok aktif mempunyai kemungkinan dua kali lebih besar untuk terkena penyakit kanker serviks. Tidak hanya perokok aktif, namun perokok pasif yang berada di lingkungan perokok juga dapat meningkatkan resiko kanker serviks. Hal ini disebabkan zat berbahaya yang dapat merusak DNA pada sel serviks yang dapat bermbang menjadi kanker serviks. Terlebih dengan merokok dapat membuat Anda lebih rentan terkena kanker serviks karena merokok dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga mudah terjangkit infeksi.

Nah itu dia 6 penyabab kanker serviks yang perlu kamu waspadai. Jangan sampai kamu terkena penyakit ini yaa. Semoga dengan info ini kamu dapat menghindari semua hal-hal yang ada diatas yaa. Ohyaa jika kamu ingin mencari tahu penyebab keputihan, kamu bisa baca disini ya. Selalu jaga kesehatan kamu yaa teman wanita.


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

3 thoughts on “6 Penyebab Kanker Serviks, Wanita Wajib Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar