fbpx

5 Jenis Warna Keputihan dan Penyebabnya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

warna-keputihan
Photo by Nikolai Chernichenko on Unsplash

Keputihan warna kuning artinya…

#TemanWanita, keputihan merupakan cairan yang keluar dari vagina. Keputihan menunjukkan organ intim sedang melakukan pembersihan secara mandiri. Sehingga keputihan adalah hal lumrah bagi wanita. Namun  wajar dialami para wanita. Namun keputihan juga dapat menjadi gejala penyakit pada kondisi tertentu seperti warna keputihan dan jumlah yang berlebih. Berikut adalah jenis warna keputihan yang harus kalian waspadai ya #TemanWanita.

1. Bening dan elastis

warna keputihan bening
Photo by Natasha Reddy on Unsplash

#TemanWanita warna keputihan bening merupakan hal yang normal. Keputihan seperti ini biasanya muncul diakhir masa mentruasimu. Sedangkan keputihan yang elastis merupakan tanda indung telur dalam tubuh sedang berovulasi atau menjelang masa subur dan merupakan hal yang normal. Perlu kalian ketahui, keputihan normal bisa saja lengket, tebal maupun cair. Situasi ini sangat bervariasi pada setiap wanita.

2. Putih

warna keputihan
Photo by Nikolai Chernichenko on Unsplash

Keputihan yang berwarna putih merupakan hal yang normal dan biasa terjadi sebelum dan setelah masa menstruasi. Namun kalian harus waspada jika keputihan disertai rasa gatal, perih dan bau tidak sedap seperti amis, sebab hal tersebut dapat menjadi gejala infeksi jamur pada daerah kewanitaanmu. Menurut Healthline, kondisi tersebut juga dapat dicurigai sebagai tanda yeast infection (infeksi ragi vagina). Pengobatan untuk infeksi ragi vagina memang mudah dan tidak serius, tapi kalian disarankan untuk tetap berkonsultasi ke dokter ya #TemanWanita.

3. Kuning atau kehijauan

keputihan warna kuning
Photo by Jason D on Unsplash

#TemanWanita, kalian harus lebih waspada jika cairan keputihan muncul dalam jumlah besar, disertai aroma busuk, nyeri pada area kewanitaan serta berwarna kuning atau kehijauan. Cairan berwarna kuning memungkinkan adanya organisme kuman yang tumbuh di vaginamu. Kuman biasanya dapat masuk melalui hubungan seksual. Sedangkan, cairan berwarna kehijauan disebabkan oleh protozoa trichomonas vaginalis yang merupakan gejala infeksi organ reproduksi. Level keputihan yang parah akan memberikan rasa panas dan gatal disekitar area kewanitaan. Pada tahap ini, kalian perlu mewaspadai penyakit infeksi seperti gonorhoe, klamida dan trikonmoniasis atau penyakit menular seksual.

4. Cokelat atau terlihat berdarah

keputihan warna cokelat
Photo by Justin Leibow on Unsplash

Keputihan berwarna cokelat sering kali terjadi pada saat menstruasi, awal kehamilan atau menopause. Kondisi ini merupakan hal normal. Selain itu, warna keputihan ini juga bisa menjadi tanda kehamilan dan keguguran serta tanda penyakit pada vagina. Pada kasus yang sangat jarang terjadi, warna keputihan ini yang disertai dengan bau tidak sedap, nyeri pinggang dan bokong dapat menjadi tanda awal adanya kanker serviks. Maka segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

5. Abu-abu

warna keputihn abu-abu
Photo by N N on Unsplash

Menurut Alodokter, keputihan yang berwarna abu-abu biasa disebabkan karena infeksi bakteri seperti vaginosis bakterialis. Pengobatan dapat dilakukan dengan konsumsi antibiotic, namun disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mendapat dosis yang tepat. Apabila keputihan ini disertai dengan darah dan bersifat encer, maka ini dapat menjadi indikasi kanker serviks.

#TemanWanita, seperti apa bau dan warna keputihan yang kamu alami? Apabila keputihan tidak wajar, segera konsultasikan ke dokter untuk penjelasan dan penanganan lebih lanjut ya. Jika tidak, keptutihan abnormal mu dapat menjadi hal yang serius

Baca juga: https://wanitapunyacerita.com/inilah-cara-mencegah-keputihan-secara-alami/


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar